Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Senin, 27 Februari 2012

Olahraga untuk Bayi Kegemukan

Olahraga untuk bayi kegemukan tentu saja bisa dilakukan. Ingin bayi Anda tetap sehat dan bugar? Cobalah untuk mengajaknya berolahraga. Olahraga untuk bayi tentu saja berbeda dengan orang dewasa ataupun anak-anak. Senam bayi, merupakan salah satu jenis olahraga yang baik bagi bayi. Tidak hanya menjaga kesehatan, tetapi juga meningkatkan perkembangan saraf. Menggerakan otot-otot dan persendian tubuh menjadi inti dalam senam.
    Senam bayi merupakan gerakan-gerakan yang dilakukan pada bayi, terutama persendian tulang dan otot. Bertujuan agar bayi siap menghadapi tahap perkembangan selanjutnya. Senam bayi juga bermanfaat sebagai stimulasi dalam permainan gerakan yang merangsang kemampuan gerak bayi serta tumbuh kembangnya.
    Idealnya, senam bayi baru bisa dilakukan ketika bayi berusia di atas 3 bulan, dimana kepala bayi sudah tidak lemah. Senam bayi terbagi menjadi tiga tahap yaitu, senam bayi tengkurap ke arah duduk, senam melatih bayi agar bisa duduk dan berdiri sendiri bagi bayi usia 6-9 bulan, dan tahap ketiga dimana senam bayi dipersiapkan agar bayi bisa merambat dan jalan mandiri.
    Bayi membutuhkan stimulasi untuk melakukan gerak sesuai tahapan perkembangannya. Misalnya, bayi usia 6-9 bulan bisa dirangsang dengan posisi berlutut sambil memberikan mainan di depannya. Bayi usia 9-12 bulan yang masih belajar berdiri bisa di stimulasi dengan posisi tengkurap untuk meraih objek lebih tinggi lalu meraih dan menekuk kakinya.

Manfaat senam bayi

Senam bayi bertujuan untuk merangsang tumbuh kembang anak dan kemampuan gerak bayi semakin optimal. Senam bayi pun bermanfaat untuk melatih otot serta persendian, memperlancar peredaran darah, menjaga kinerja jantung, melatih kewaspadaaan pada situasi dan posisi atau melatih keseimbangan tubuh agar tidak mudah jatuh. Manfaat terpenting olahraga untuk bayi ialah mempererat hubungan anak dan orangtua melalui sentuhannya.

Melalui senam bayi, orangtua bisa mengetahui perkembangan motorik kasar bayi, bahkan mendeteksi keterlambatan motorik kasar. Sangat penting bagi para orangtua untuk memperhatikan dan mencurigai kelainan pada anaknya.

Senam bayi memang baik bagi kesehatan, perkembangan motorik, dan olahraga untuk bayi kegemukan tetapi jangan sampai Anda memaksanya. Buatlah bayi merasa nyaman dan menikmati sesi senam bayi. Untuk hasil optimal, lakukan senam bayi setiap pagi dan sore atau setidaknya sekali sehari, sebelum mandi pagi, dengan durasi 10 menit.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar