Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Senin, 27 Februari 2012

Berolahraga Saat Berpuasa

  Jangan sampai berpuasa membuat kegiatan Anda setiap harinya menjadi terganggu akibat rasa lemas dan kantuk yang menerpa Anda. Dan jangan karena berpuasa lalu Anda enggan untuk berolahraga. Selama berpuasa, Anda diperbolehkan berolahraga, bahkan olahraga selama berpuasa baik bagi metabolisme tubuh dan membuat Anda tetap segar selama menjalani puasa.
      Tentu saja jenis olahraga saat berpuasa berbeda dengan jenis olahraga sewaktu Anda tidak berpuasa. Cukup melakukan olahraga yang tidak menguras banyak energi, dan salah satunya peregangan. Peregangan dapat membantu Anda dalam meningkatkan fleksibilitas dan bergerak lebih baik, meningkatkan sirkulasi, memperbaiki postur tubuh, menghilangkan stres, koordinasi tubuh semakin meningkat, dan menurunkan resiko terkena cedera saat melakukan kegiatan sehari-hari.
      Berikut ini beberapa gerakan peregangan yang dapat Anda lakukan setiap harinya :
    Gerakan peregangan pertama
  • Duduk di lantai, tekuk lutut. Katupkan kedua telapak kaki. Bagian punggung tetap dalam posisi tegak
  • Tarik nafas yang panjang, sehingga tulang punggung terasa memanjang
  • Hembuskan nafas dan letakkan kedua tangan di pergelangan kaki
  • Tundukkan kepala lalu menarik nafas dan hembuskan. Ulangi sebanyak 12 kali
    Gerakan peregangan kedua
  • Posisi berdiri tegak, dengan telapak tangan kiri menyentuh dinding atau berpegangan pada kursi
  • Tarik nafas dalam-dalam dan hembuskan perlahan. Rasakan sampai terasa kontraksi otot dada dan perut
  • Sambil bernafas tekuk kaki kanan dan pegang telapak dengan tangan kanan. Lakukan perlahan untuk mencegah cedera pada punggung
  • Secara perlahan tarik ujung kaki mendekati bokong
  • Tahan posisi ini selama 30 detik dan ulangi sebanyak dua kali
  • Berikutnya ganti dengan posisi kaki kiri dan tangan kiri

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar