Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Senin, 27 Februari 2012

Olahraga di Kantor, Kenapa Tidak ?

  Olahraga sangat penting untuk kesehatan kita. Namun, seiring dengan banyaknya kegiatan dan rutinitas yang semakin banyak setiap harinya, maka sudah tentu Anda menjadi tidak sempat atau bahkan malas melakukannya. Alasan yang umum dilontarkan adalah keterbatasan waktu untuk melakukan gerak badan. Padahal dengan melakukan olahraga tidak selalu harus di tempat dan waktu khusus dan juga tidak selalu dengan menggunakan gerakan yang rumit.
      Anda bisa melakukan olahraga ringan di kantor. Di sela-sela pekerjaan, Anda masih bisa mencuri atau bahkan menyediakan waktu untuk melakukan gerakan-gerakan sederhana. Menurut beberapa ahli, olahraga yang hanya dilakukan di kantor ini memiliki makna penting sekalipun hanya dilakukan sambil lalu saja karena akan menjaga kebugaran tubuh, meningkatkan kekuatan bagian-bagian tubuh yang biasa digunakan untuk menunjang aktivitas, kelincahan dan kegiatan lainnya.
      Melakukan gerak atau olahraga ringan di kantor tidak harus full yang penting dilakukan oleh tubuh bagian atas hingga bawah dan disesuaikan dengan kebutuhan. Olahraga ringan dilakukan dengan cermat dan efisien dapat meregangkan otot-otot kaku di bagian yang biasa dikeluhkan seperti rasa pegal atau kelelahan akibat bekerja.
Berikut alternatif olahraga ringan yang bisa Anda lakukan di kantor antara lain :
  1. Jika Anda terbiasa menggunakan mobil ke kantor, usahakan untuk memarkir mobil jauh dari letak kantor. Dari tempat parkir mobil, Anda dapat melakukan olahraga jalan kaki. Dengan jalan kaki dapat bermanfaat untuk menghindari stres dan refreshing.
  2. Biasakan untuk berjalan mengitari tempat bekerja sebelum masuk ruangan. Usahakan berjalan kemana saja selama kurang lebih 15 menit sebelum masuk ruangan kerja.
  3. Jika sedang melakukan makan siang di mall ataupun pergi ke tempat makan, upayakan untuk selalu menghindari eskalator. Gunakan tangga, karena dengan naik turun tangga lebih baik dibanding memakai eskalator.
  4. Jika terpaksa menggunakan eskalator, upayakan agar tubuh selalu bergerak, jangan diam saja menunggu tangga berjalan, tapi coba berjalan mengikuti arah jalannya eskalator.
  5. Yang harus Anda ingat adalah, jika Anda tidak memiliki waktu untuk berolahraga, biasakanlah tubuh selalu bergerak, agar tubuh tidak dimanjakan. Anda dapat melakukan peregangan tubuh, mulai dari otot-otot di kepala sampai bagian kaki di sela-sela waktu kerja Anda.

1 komentar:

  1. buat traveller pencinta pulau pulau se Indonesia, bali, lombok, dll, yang suka jalan sendiri ala backpacker atau yang traveling dengan ngambil paket wisata lombok .. ada lagu yg pas sekali untuk tulisan ini.. judulnya : INDONESIA i love you - oiya, indonesia juga terkenal lho akan oleh-olehnya kalo kita travelling.. nah sebagai salah satu ide oleh oleh mungkin bisa cari orang atau toko oleh oleh yang jual madu asli , karena madu asli itu bagus buat oleh oleh atau dikonsumsi sendiri saat travelling, biar jalan jalannya kuat dan tetap sehat (karena madu bisa jaga sehat & stamina kita)- makasih untuk tulisannya ini ya kakak.

    BalasHapus