Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Senin, 27 Februari 2012

Cara Fitnes yang Baik dan Kurang Baik

Cara fitnes yang baik dan kurang baik perlu diketahui bagi Anda yang akrab dengan pusat kebugaran. Tanpa Anda sadari, ada beberapa hal yang telah terbiasa dilakukan sebelum ataupun saat fitnes, dan ternyata hal-hal itu membahayakan diri Anda. Berikut ini hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat berolahraga.
  • Kebiasaan baik
  • Pemanasan. Anda yang biasanya menyepelekan kegiatan ini bahkan tidak pernah melakukan pemanasan saat olahraga dimulai, segera hentikan kebiasaan ini. Otot yang tidak melewati pamanasan terlebih dahulu lebih mudah cedera. Oleh karena itu cobalah untuk mempersiapkan otot-otot sebelum latihan dimulai.
    Sering peregangan. Peregangan memiliki kondisi yang hampir sama dengan pemanasan, dimana kegiatan satu ini sering dilupakan. Dengan peregangan, tubuh dapat lebih fleksibel, mampu melakukan gerakan-gerakan sulit dan tentunya mengurangi resiko cedera. Waktu yang tepat untuk melakukan peregangan ialah sesaat setelah selesai berolahraga, karena otot-otot masih terasa "hangat."
    Selalu membawa botol minum. Jangan sampai tubuh Anda kekurangan cairan, dan usahakan minumlah sebelum Anda haus.
    Mintalah pada pelatih atau instruktur fitnes untuk mendampingi selama latihan. Walaupun Anda merasa familiar dengan alat-alat fitnes namun belum tentu Anda menggunakan alat tersebut dengan benar. Misalnya, yang seharusnya dilakukan selama 15 menit, Anda melakukannya 30 menit. Jika tidak hati-hati Anda dapat terkena cidera. Oleh karena itu pastikan Anda melakukan latihan sesuai dengan apa yang diinstruksikan oleh instruktur, terlebih jika Anda ingin membentuk badan sesuai keinginan.
  • Kebiasaan tidak baik
  • Mengangkat terlalu banyak beban. Salah satu hal ini merupakan kebiasaan tidak baik saat Anda berada di tempat fitnes. Jangan karena merasa Anda mampu atau otot Anda yang besar sehingga berani mengangkat beban berlebihan. Hal ini bisa menyebabkan cedera. Kalaupun Anda ingin menambah beban, diskusikan dengan instruktur fitnes Anda.
    Menggunakan terlalu sering alat "bersandar" seperti Stair-climbers, elliptical machines, cross trainers, dan treadmills. Alat-alat yang membuat punggung Anda bersandar jika digunakan terlalu sering dapat mencederai pergelangan tangan dan punggung. Dan sekali lagi, diskusikan kembali penggunaan alat fitnes dengan instruktur.
    "Bermain-main" dengan alat-alat berat. Jika Anda merasa tidak kuat mengangkat beban atau tidak mengetahui cara menggunakan alat fitnes, jangan sekali-kali menggunakannya dengan bermain-main. Cedera bisa saja menghampiri Anda karena "bermain-main" dengan alat fitnes.
    Mengkonsumsi banyak makanan dan minuman sebelum berolahraga. Jika Anda termasuk orang yang mengkonsumsi makanan berlebihan, walaupun dilakukan dua jam sebelum olehraga dimulai (dan ini merupakan hal yang benar). Namun mengkonsumsi makanan dan minuman berlebihan sebelum berolahraga tidaklah baik. Ada baiknya Anda mengecek label makanan atau minuman dan mengetahui kandungan kalori, lemak dan lainnya agar latihan Anda tidak sia-sia.

8 komentar:

  1. hmm gitu, tapi aku ga pernah fitnes sih. hehehee pushup sama situp aja udah cukup ^^

    Filter Air

    BalasHapus
  2. kalo kita (wanita) memakai baju fitnes berupa baju senam wanita baju senam aerobik apakah ada efeknya ?
    baju senam wanita

    BalasHapus
  3. apakah untuk fitness, ada baju senam khususnya gk???


    klau ada dmna y gan tempat beli baju senam murah, di sekitaran surbaya....

    BalasHapus
  4. wah berarti memerlukan instruktur yah bagi pemula ?? mau nanya ni kalo di surabaya tmpt yang menyediakan baju senam terbaru dmna yah ?? makasih :)

    BalasHapus
  5. kak apa fitnes itu khusus cowok kah ? sekalian bagi info donk kak tentang pakaian olahraga pria

    BalasHapus
  6. Artikelnya sangat menarik dan membantu sekali...
    dan apakah gan tau info tentang grosir baju senam murah di surabaya?
    Dan terima kasih telh sher

    BalasHapus
  7. Haturnuhun, aa, teteh, informasinya :)
    http://goo.gl/1NWvpq

    BalasHapus